Buku Pegangan AI untuk Guru: TK SD SMP SMA SMK

Onno, W. Purbo (2025) Buku Pegangan AI untuk Guru: TK SD SMP SMA SMK. Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS), Tanggerang Selatan.

[thumbnail of Buku Pegangan AI untuk Guru: TK SD SMP SMA SMK] Text (Buku Pegangan AI untuk Guru: TK SD SMP SMA SMK)
Onno W. Purbo, Buku Pegangan AI untuk Guru TK SD SMP SMA SMK, ITTS, 2025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (96MB)

Abstract

Kecerdasan Buatan, atau Artificial Intelligence (AI), merupakan bidang teknologi yang memungkinkan sistem komputer melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, penalaran, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Dalam dunia pendidikan, AI hadir sebagai alat transformasional yang mampu mempersonalisasi pembelajaran, mendukung kebutuhan siswa yang beragam, serta meringankan beban administratif guru dan membantu dalam pengembangan kurikulum.
Penelitian mutakhir menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menyesuaikan materi ajar berdasarkan kecepatan dan gaya belajar masing-masing individu, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Namun demikian, penerapan AI secara efektif memerlukan pelatihan menyeluruh bagi pendidik serta adaptasi kurikulum yang mampu mengintegrasikan teknologi ini ke dalam tujuan pendidikan yang lebih luas

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Buku Pegangan AI untuk Guru
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: UPT Arsip dan Perpustakaan
Depositing User: Boled Kacel
Date Deposited: 26 Sep 2025 13:10
Last Modified: 26 Sep 2025 13:12
URI: http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item