Model Problem Based Learning dengan Bantuan Kahoot Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn di Kelas IV SD

Urip Umayah, Maya Model Problem Based Learning dengan Bantuan Kahoot Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn di Kelas IV SD. Model Problem Based Learning dengan Bantuan Kahoot Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn di Kelas IV SD.

[thumbnail of Artikel Bu Urip Umayah.pdf] Text
Artikel Bu Urip Umayah.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dimulai pada Juli 2025 dan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Kahoot di kelas IV SD pada tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV dan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dia menggunakan data kualitatif untuk analisisnya. Hasil tes awal menunjukkan bahwa dari 20 siswa, 11 siswa tuntas dengan persentase 55% dan 9 siswa tidak tuntas dengan persentase 45%. Data dari siklus I menunjukkan 14 siswa tuntas dengan persentase 70% dan 9 siswa tidak tuntas dengan persentase 30%. Pada siklus II, ada peningkatan 19 siswa yang tuntas dengan persentase 95% dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 5%. Dengan demikian, prestasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:31
Last Modified: 14 Aug 2025 04:31
URI: http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item