PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD

Titah Dwi Jatun, Titah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD. S1 thesis, UNUGHA CILACAP.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Titah Dwi Jatun. Skripsi, 2025. PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA MATERI
HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS V SD. Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Al- Ghazali Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi harmoni dalam ekosistem IPA kelas V SD, mengetahui kualitas media berbasis genially dalam harmoni ekosistem IPA kelas V SD, dan mengetahui kepraktisan dari media interaksi IPA pada materi harmoni
dalam ekosistem menurut guru dan siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bojong 02 dengan jumlah 22 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis genially yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat layak dengan persentase 99% dari ahli media, 90% dari ahli bahasa, dan 100% dari ahli materi. Selain itu, hasil uji lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis genially yang dikembangkan memiliki kepraktisan yang sangat layak dengan persentase 87% dari siswa kelas V, dan kepraktisan dari wali kelas sebanyak 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran interaktif berbasis genially yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi harmoni dalam ekosistem IPA kelas V SD.

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, genially, harmoni dalam ekosistem, IPA kelas V SD, penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:21
Last Modified: 25 Nov 2025 08:21
URI: http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item