Nikmah Maulina, Nikmah Maulina (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKASTINASI AKADEMIK SISWA. S1 thesis, UNUGHA CILACAP.
halaman depan (1) - nikmah maulina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (694kB)
BAB I - nikmah maulina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (326kB)
3 Bab 2 - Okki Dwi Pranoto (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (347kB)
BAB III - nikmah maulina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (591kB) | Request a copy
BAB IV - nikmah maulina.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (558kB) | Request a copy
BAB V - nikmah maulina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (127kB)
LAMPIRAN - nikmah maulina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
Abstract
Nikmah Maulina, 202411039, EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKASTINASI AKADEMIK SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahhdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap.
Kegiatan mengerjakan tugas merupakan hal yang kurang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa seringkali menunda-nunda untuk mengerjakannya. Dalam psikologi menunda-
nunda mengerjakan tugas dikenal dengan istilah prokastinasi akademik. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku yang seharusnya dihindari oleh siswa karena akan memberikan pengaruh buruk, terutama terhadap prestasi akademiknya. Salah satu faktor yang menyebabkan prokrastinasi akademik adalah rendahnya regulasi diri dalam belajar. Oleh karena itu, perlu bagi siswa untuk memiliki regulasi diri dalam belajar atau Self-Regulated Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teknik Self-regulated learning untuk mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa yang mengikuti organisasi di SMK Ma’arif NU 1 Rawalo. Metode yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent (pre-test dan post-test) control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket prokastinasi akademik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yang aktif mengikuti organisasi PK IPNU IPPNU dan Pramuka dengan pembagian 5 siswa sebagai kelompok kontrol dan 5 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test, dimana hasil statistik menunjukkan angka signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001<0,005 yang artinya H0
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan jika teknik Self-regulated learning efektif untuk mereduksi tingkat prokastinasi akademik siswa.
Kata Kunci: Prokastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Self-regulated learning
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling |
| Depositing User: | Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404 |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:27 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:27 |
| URI: | http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/176 |

