Fitri Khoerun Nisa’a, Fitri Khoerun (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-IKHSAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI KELENG 01 TAHUN 2023/2024. S1 thesis, UNUGHA CILACAP.
HALAMAN DEPAN - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (688kB)
BAB 1 - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (86kB)
BAB 2 - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (218kB)
BAB 3 - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (168kB) | Request a copy
BAB 4 - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (286kB) | Request a copy
BAB 5 - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (12kB)
LAMPIRAN - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
TEMPLATE SKRIPSI LAMA Fitri Khoerun - Fitri Khoerun.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Fitri Khoerun Nisa’a, 1923211028. “Pengaruh Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhsan Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Keleng 01 Tahun 2023/2024”. Cilacap: Fakultas Keagamaan Islam, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Februari 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi tentang pentingnya TPQ sebagai lembaga non formal yang bisa membantu mencapai tujuan positif terutama dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhsan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IV dan V SD Negeri Keleng 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi, dengan sampel sejumlah 28 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk memperoleh variabel (X) dan dokumentasi untuk memperoleh variabel (Y). analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana, pengujian hipotesis menggunakan analisis uji persyaratan dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara pembelajaran di TPQ Al-Ikhsan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IV dan V. hal tersebut dibuktikan dari hasil uji regresi sederhana (0,831) dan juga dilihat dari koefisien determinasi sebesar 0,042. Sehingga nilai regresi 0,831 > 0,05 yang berarti nilai tersebut Ho diterima dan Ha ditolak dalam artian tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran TPQ Al-Ikhsan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IV dan V
SD Negeri Keleng 01 tahun 2023/2024.
Kata Kunci: Pembelajaran TPQ, Prestasi Belajar.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404 |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 06:58 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 06:58 |
| URI: | http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/184 |

