Zainal Ngabidin, Zainal Ngabidin (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP N 42 PURWOREJO. S1 thesis, UNUGHA CILACAP.
1. Halaman Cover - Zainal Walad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (976kB)
2. BAB 1 - Zainal Walad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (226kB)
3. BAB 2 - Zainal Walad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (335kB)
4. BAB 3 - Zainal Walad.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (389kB) | Request a copy
5. BAB 4 - Zainal Walad.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (378kB) | Request a copy
6. BAB 5 - Zainal Walad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (138kB)
8. Lampiran - Zainal Walad.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (5MB)
SKRIPSI_ZAINAL NGABIDIN-202411044-BK-FKIP - Zainal Walad.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Zainal Ngabidin, 202411044, EFEKTIFITAS KONSELING
KELOMPOK TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP N 42 PURWOREJO.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Al
Ghazali Cilacap, Oktober 2024
Minat belajar merupakan perasaan senang atau suka dalam belajar tanpa adanya dorongan atau paksaan dari pihak lain dan selalu mempunyai ketertarikan dan memperhatikan ketika pelajaran, siswa selalu mempelajari kembali pelajaran
yang sudah disampaikan dan aktif dalam kegiatan belajar. Namun pada kenyataan yang terjadi di SMP Negeri 42 Purworejo ada Sebagian siswa kelas VIII yang mempunyai minat belajar rendah, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar melalui konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif pada siswa kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Grup Design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelompok diberikan pretest dan posttes. Penelitian ini fokus memperoleh gambaran tentang pengaruh konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan minat belajar siswa, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan menggunakan angket minat belajar.
Metode analisis data yang digunakan yaitu uji Paired sample t Test guna menguji hipotesis komparatif rata -rata dua sampel dan mengetahui ada tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Hasil analisis menunjukkan
bahwa Sig.2-tailed sebesar 0.000<0,0005 pada kelas eksperimen dan 0.003<0,0005 pada kelompok kontrol yang artinya terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siwa
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik reinforcement positive dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci: Reinforcement Positif, Konseling Kelompok, Minat Belajar
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling |
| Depositing User: | Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404 |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 12:36 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 12:36 |
| URI: | http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/177 |

