Ofindasari, Ofindasari (2025) EFEKTIVITAS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN KARANGKANDRI 04 CILACAP. S1 thesis, UNUGHA CILACAP.
Halaman Depan - Ofinda sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB1_PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (189kB)
BABII_PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (189kB)
BABII_PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (189kB)
BABIV_PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (287kB)
BABV_PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (55kB)
LAMPIRAN-PDF - Ofinda sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
SKRIPSI_OFINDASARI18862061022_FFIXX - Ofinda sari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
Abstract
Ofindasari. 18862061022. “EFEKTIVITAS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN KARANGKANDRI 04 CILACAP” : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap. Februari 2025.
Sebuah pendekatan pembelajaran yang cukup menarik untuk diajarkan kepada peserta didik yaitu dengan menggunakan pendekatan etnomatematika permainan engklek, karena dapat menghubungkan matematika dengan budaya lokal sehingga dapat lebih mudah dimengerti oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan mengujikan keefektifan dari penggunaan pendekatan pembelajaran etnomatematika permainan engklek terhadap hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan berdesain quasi eksperimen one group pretest posttest design. Sampel yang dipilih mencakup 33 peserta didik di Kelas IV SDN Karangkandri 04 Cilacap. Untuk menghimpun Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi serta tes. Data kuantitatif akan diproses secara analisis deskriptif juga menerapkan pengujian paired sample t-test melalui SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri Karangkandri 04 Cilacap dengan menggunakan pendekatan pembelajaran etnomatematika permainan engklek diperoleh nilai hasil belajarnya meningkat dari 71,70 menjadi 86,61 dan dari pengujian keefektifan dari hasil pretest dan posttest pemahaman peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata yang berkisar 14,91, lalu dari pengujian Paired Samples T-Test mendapati Sig. (2-tailed) sejumlah 0,000 atau dibawah 0,05 bisa dikatakan mendapati hasil signifikan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pendekatan etnomatematika permainan engklek efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Efektifitas, Etnomatematika, Permainan Engklek, Bangun Datar, Siswa Kelas IV SD,
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Minnati Umdatul Istiqomah NITK7700014404 |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:33 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 08:33 |
| URI: | http://repo.unugha.ac.id/id/eprint/187 |

